Prediksi PSS Vs Madura United: Tamu Tetap Waspada

Partai menarik bakal tersaji dalam laga pertama Grup D Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar, ketika tuan rumah PSS Sleman menjamu Madura United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (5/3/2019). Pertarungan kedua tim dapat diibaratkan seperti kisah David versus Goliath.

PSS, yang berstatus tim promosi, langsung mendapatkan tantangan berat, yakni Madura United, yang disebut-sebut sebagai miniatur Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, Madura United diperkuat deretan pemain Tim Merah-Putih.

Di antaranya Andik Vermansah, Greg Nwokolo, Muhammad Ridho, Fachruddin Aryanto, hingga Zulfiandi. Praktis, dari segi kekuatan, bentrok kedua tim bisa dibilang timpang.

PSS bakal menurunkan kekuatan utamanya yang selama ini ditampilkan, plus dua pemain asing, yakni Brian Ferreira dan Alfonso De La Cruz.

Untuk komposisi pemain lokal, nama Ega Rizky, Asyraq Gufron, Sidik Saimima, dan Kushedya Hari Yudo tetap menjadi pilihan utama di starting eleven.

Posisi Alfonso De La Cruz di jantung pertahanan bakal ditandemkan dengan bek kukuh Gufron. Sementara potensi tersembunyi dari Brian Ferreira sebagai playmaker, bisa membuat kejutan untuk memberikan masalah di lini pertahanan Madura United.

“Madura United tim bagus, mereka punya skuat yang istimewa. Ya, di situ ada Andik Vermansah, lalu Greg Nwokolo. Coach Seto juga sudah berpesan, pemain harus konsentrasi, fokus penuh ke pertandingan,” jelas asisten pelatih PSS, Suwandi HS.

Suwandi mengakui, persaingan di Grup D memang berat, lantaran PSS harus bersaing dengan Madura United, Borneo FC, dan juara bertahan Liga 1 2018, Persija Jakarta.

Namun, Suwandi menilai kesempatan untuk lolos ke fase berikutnya, tetap terbuka. Apalagi tim Elang Jawa diuntungkan dengan status tuan rumah dengan dukungan penuh dari suporter.

“Selama mampu bekerja keras, fokus dan komunikasi antarpemain terjalin baik, peluang tetap terbuka. Saya lihat, mental pemain bagus, tinggal nanti buktikan di lapangan,” imbuh mantan pelatih Persiba Bantul itu.

Bukan Galacticos

Di kubu Madura United, pelatih Dejan Antonic menegaskan kesiapan tim asuhannya dalam menghadapi partai pembuka Grub D. Ia memastikan, seluruh pemainnya dalam kondisi bagus, termasuk lima personel Timnas Indonesia, yang masih bisa diturunkan.

Pihaknya menampik anggapan timnya lebih diunggulkan dalam pertandingan melawan PSS nanti. Menurutnya, kedua kesebelasan memiliki peluang yang sama untuk memenangi partai pembuka. Terlebih, Dejan menegaskan tak ingin skuatnya dilabeli sebutan Galacticos, dengan banyaknya pemain Timnas dan bintang lainnya.

“Semua pemain kami siap, tidak ada yang absen akibat cedera maupun sakit. Laga melawan PSS saya kira tidak mudah karena akan melawan tim promosi, dan mereka punya suporter fanatik,” kata Dejan Antonic.

Tim berjulukan Sape Kerrab ini diprediksi memainkan kekuatan penuh sejak menit pertama melawan PSS. Kiper Muhammad Ridho, bek Fachrudin Arianto, gelandang Slamet Nurcahyo dan Andik Vermansyah, hingga trio striker Greg Nwokolo, Aleksandar Racic, serta Alberto Goncalves diyakini turun sebagai starter.

“Sekarang semua bilang Madura United ini galacticos, tapi saya tidak setuju, kami tim biasa, semua pemain tetap kerja keras. Game pertama ini sangat penting, kami jangan sampai kalah,” tegas Dejan Antonic.

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (K); Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Alfonso De La Cruz, Derry Rachman (B); Nelson Alom, Sidik Saimima, Brian Ferreira (T); Ricky Kambuaya, Kushedya Hari Yudo, Rangga Muslim (D)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (K); Alfath, Jaimerson, Fachrudin Arianto, Rendika Rama (B); Zahrahan, Zulfiandi, Asep Berlian (T); Andik Vermansyah, Aleksandar Racic, Alberto Goncalves (D)

Pelatih Dejan Antonic

Leave a Comment