Memenangkan Penalti Shootout, Chelsea ke Final Liga Europa

Chelsea akhirnya mengantongi tiket ke final Liga Eropa musim ini. Ini menyusul kemenangan di leg kedua semifinal yang berlangsung di kandang sendiri di Stadion Stamford Bridge pada Kamis, 9 Mei 2019 waktu setempat atau Jumat pagi WIB. Dalam pertandingan itu Chelsea berhasil memenangkan adu penalti melawan Eintracht Frankfurt dengan skor 4-3 setelah dalam waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1.

Satu-satunya gol Chelsea di waktu normal dicetak oleh Ruben Loftus-Cheek pada menit ke-28. Sedangkan satu-satunya gol klub Jerman itu dicetak oleh Luka Jovic pada menit ke-48. Sebelumnya di leg pertama di kandang Frankfurt kedua tim juga bermain imbang skor yang sama, 1-1.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di pertandingan ini. Chelsea berusaha mengendalikan permainan sejak menit awal. Menit 28 pendukung tuan rumah bersorak setelah Ruben Loftus-Cheek menggetarkan gawang wakil Bundesliga. Chelsea berhasil mempertahankan keunggulan satu gol sampai kedua tim pergi ke ruang ganti

Di awal babak kedua pengunjung langsung bereaksi dengan mencetak balasan. Menit 48 Luka Jovic berhasil merobek gawang tuan rumah yang dijaga oleh Kepz Arrizabalaga. Ini adalah gol ke-10 Luka Jovic, bersaing dengan striker Chelsea Olivier Giroud di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak.

Tujuannya ternyata menjadi yang terakhir di waktu normal, termasuk di waktu tambahan. Sebelumnya pada awal babak kedua Chelsea mencetak gol melawan tim tamu melalui sundulan kapten Cesar Azpilicueta. Namun wasit membatalkan gol karena ia menganggap bek Spanyol itu pertama kali melanggar kiper Frankfurt, Kevin Trapp.

Dalam drama pertarungan tos-tosan, satu kicker Chelsea gagal menjalankan tugas. Dia adalah Cesar Azpilicueta. Sementara empat penendang lainnya berhasil mengeksekusi tendangan ke-12 yang tepat, yaitu Ross Barkley, Jorginho, David Luiz dan Eden Hazard. Sementara dua penendang Frankfurt gagal menjalankan tugasnya, Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia. Hanya tiga penendang Frankfur yang berhasil menaklukkan Kepa yaitu Sebastian Haller, Luka Jovic, dan Jonathan de Guzman.

Kemenangan ini membawa Chelsea ke pertandingan final. Mereka akan menghadapi sesama wakil Liga Premier Arsenal di Baku, Azerbaijan pada Rabu (29/5/2019) atau Kamis pagi WIB.

Komposisi pemain Chelsea versus Eintracht Frankfurt:

Chelsea: 1-Kepa Arrizabalaga; 30-David Luiz, 28-Cesar Azpilicueta, 33-Emerson Palmieri, 27-Andreas Christensen (21-Davide Zappacosta 74 ′); 17-Mateo Kovacic, 5-Jorginho, 12-Ruben Loftus-Cheek (8-Ross Barkley 86 ′); 22-Willian (11-Pedro Rodriguez 62 ′), 10-Eden Hazard, 18-Olivier Giroud (9-Gonzalo Higuain 96 ′)

Pelatih: Maurizio Sarri

Eintracht Frankfurt: 31-Kevin Trapp; 19-David Abraham, 13-Martin Hinteregger, 3-Simon Falette, 24-Danny da Costa; 20-Makoto Hasebe, 17-Sebastian Rode (6-Jonathan de Guzman 70 ′); 10-Filip Kostic, 11-Mijat Gacinovic, 4-Ante Rebic (9-Sebastien Haller 90 ′); 8-Luka Jovic

Pelatih: Adolf Hutter

Leave a Comment